Minggu, 22 Maret 2015

Kopi dan Fakta Uniknya / The Secret World

Assakamualaikum Wr. Wb.

Mendung seperti ini(kebetulan tempat saya mendung), enaknya minum kopi campur gorengan widihhh enak tuh, tapi warung tutup semua apa boleh dibuat : Oke kali ini saya bukan membahas tentang kehidupan saya melainkan saya akan membahas tentang fakta seputar Kopi. Kamu tahu Kopi??? Jika tidak, mari simak penjelasan lengkapnya disini.

Apa itu KOPI

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab : ﻗﻬﻮﺓ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.

Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Fakta Unik tentang KOPI

1. Kopi ditemukan oleh kambing.
Kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi.

2. Kopi bisa membunuhmu
Apabila kamu maniak kopi, jangan pernah coba-coba menenggak kopi 80-100 cangkir/hari, karena kafein yang terdapat dalam kopi yang berlebihan membunuh kita.

3. Kopi Meningkatkan gairah SEKS
Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

4. Kopi Meningkatkan Konsentrasi
Kafein mempunyai efek yang menguntungkan pada kewaspadaan meningkatkan kinerja di berbagai tugas baik di siang atau malam hari

5. Kopi Membuat Susah Tidur
Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

6. Kopi adalah Obat Anti Pikun
Kalo kamu pelupa, minum kopi deh. At least, kopi bisa nguatin memori kamu untuk sementara dan membuat kamu lebih fokus. Kalo kamu mulai lupa sama pacar, itu mungkin pertanda kamu kurang minum kopi.

7. Kopi bisa Membuat Ketagihan
kalo yang ini tergantung sih. Ada orang yang nggak ketagihan, ada yang ketagihan. Kayak ngerokok kan? Ada orang yang ngerokok cuma buat sosialisasi aja, tapi ada yang sampe nggak bisa kerja kalo nggak ngerokok. Tapi yang pasti orang yang ketagihan kopi terus berhenti ngopi bakal sakit kepala, gampang capek, gampang panik, cepet marah, dan susah konsen.

8. Kopi dan Rokok is bad Combination
Kopi dan rokok biasanya dikonsumsi bersama-sama. Semua penelitian telah menunjukkan bahwa perokok memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan non-perokok. Nikotin memiliki efek mempercepat penghapusan kafein dari tubuh dan perokok merasa perlu untuk mempertahankan tingkat kafein dalam tubuh sehingga meningkatkan asupan kafein.


5 Kopi paling Enak di Belahan Dunia


Berikut beberapa kopi yang  enak, dan mesti dicoba bagi kamu yang pecinta kopi.

1. Cafe Latte

Cafe Latte ini merupakan kopi yang tidak memiliki warna sepekat kopi biasa yang diminum kebanyakan orang. Dengan menggunakan krim dengan ekspresso dengan perbandingan dua banding satu. Dan ada yang menarik dari cafe latte, beberapa cafe latte disajikan dengan bentuk gambar unik yang dihasilkand ari perpaduan krim dan ekspresso.

Cafe latte ini dikenal berasal dari Italia dan kemudian dari varian dan bahan yang sama, orang Perancis menamakan cafe au lait. Sementara itu di Spanyol varian kopi ini dinamakan cafe con leche sedangkan di Portugis dinamakan galao.

2. Cafe Bombon

Cafe Bombon ini sangat terkenal di Valencia Spanyol. Dan cafe bombon ini semakin terkenal diseluruh dunia.

Di Indonesia varian kopi ini cafe bombon ini mendekati resep kopi susu dengan perbandingan satu banding satu pada komposisi ekspresso dan susu.

3. Coffe Creme Brulee

Resep kopi yang satu ini diperkenalkan oleh Chef Ramsay, seorang chef yang terkenal di Amerika Serikat. Coffe Creme Brulee ini terdiri dari kopi pekat dan hitam dengan tambahan krim dengan takaran seperempat dari kopinya. Kemudian dikocok sehingga membuat kekentalan yang sempurna. Dengan tambahan kuning telur dan vanilla kemudian dipanaskan dengan blowtorch hingga menjadi kerak pada permukaan cangkirnya

4. Irish Coffe

Kopi ini terdiri dari campuran kopi hitam yang kental dengan campuran wiskey. Biasanya campurannya adalah dua banding satu. Selain itu kopi ini ditambah dengan krim dan brown sugar. Resep Irish coffee ini ditemukan oleh Joseph Sheridan seorang kepala koki di salah satu restoran di kawasan Irlandia. Alasan inilah yang dinamakan Irish Coffee. Irish coffe ini biasanya juga ditambahkan whiping cream dan semakin sempurna dengan ditaburi bubuk kayu manis diatasnya.

5. Ristretto

Kopi yang satu ini terkenal di negara Belanda. Kepekatan warnanya lebih kental jika dibandingkan dengan ekspresso. Waktu penekanannya lebih cepat dibandingkan ekspresso. Membuat warna Ristretto lebih pekat dan bahkan volume yang dihasilkan lebih sedikit.

Penutup:
Walau kopi enak, janganlah kita meminum kopi terlalu sering karena kopi bisa membuat perut kembung, mungkin itu yang membuat uwak uwak perutnya buncit, hehehe :D (just kidding)

Wassalamualaikum Wr. Wb.Thanks to: Allah SWT, Wikipedia Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com