Senin, 06 Juli 2015

Angin Ribut "TOPAN" / The Secret World

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hembusan angin sejuk pastilah membuat hati kita senang dan merasa gembira. Dalam kehidupan manusia Angin sudah sangat banyak dimanfaatkan, bermula dari: Menggerakkan kincir angin yang menghasilkan listrik (PLTA), Menerbangkan Pesawat, Bermain Layangan, dan masih banyak lagi.

Tapi ALLAH SWT telah memutuskan bahwa tidak ada di dunia ini yang diciptakan dengan sangat sempurna yang artinya adalah benda di dunia pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, termasuk juga angin (selaku ciptaan ALLAH SWT). Angin memiliki kekurangan tersendiri salah satunya adalah Angin Topan.


Di Blog ini saya akan membahas tentang angin topan tersebut. So Check this out.

APA ITU ANGIN RIBUT "TOPAN"

Angin topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa. Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca. Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusar dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam.

PROSES TERJADINYA ANGIN RIBUT "TOPAN"

Angin terjadi karena terdapat perbedaan tekanan atau suhu udara di suatu wilayah atau daerah. Terjadinya angin berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang diserap oleh bumi. Daerah yang menerima energi matahari lebih besar akan memiliki suhu udara yang lebih panas. Kemudian, daerah ini juga memiliki tekanan udara yang cenderung lebih rendah. Lalu akan terjadi perpindahan aliran udara pada wilayah yang lebih banyak menerima energi panas dengan wilayah yang lebih sedikit menerima energi panas.



Angin topan terjadi di laut sekitar khatulistiwa. Wilayah ini kurang lebih berada pada 5° LU. Di wilayah ini, suhu air laut hangat sampai melebihi 27° C. Jika suhu air laut memanas, maka udara akan naik. Karena banyak udara yang naik, maka tekanan udara di atas  lebih tinggi dibanding dengan tekanan udara di bawah. Lama-kelamaan, udara yang naik akan mendingin lalu turun. Sementara itu, udara yang menghangat naik. Proses naik dan turunnya udara ini terjadi berulang-ulang. Hal ini menghasilkan tekanan uap yang sangat besar dan suhu udara menjadi sangat rendah. Kemudian, akan menghasilkan gumpalan udara yang berputar yang disebut angin topan.

PENUTUPAN

Dengan begini kita sudah tahu bahwa angin topan disebabkan oleh tekanan uap yang sangat besar dan suhu udara menjadi sangat rendah. Peristiwa angin topan ini mengingatkan kita kepada kebesaran ALLAH SWT, dan semoga saja ini membuat kita semakin mensyukuri nikmat yang maha kuasa. ALLAHU AKBAR.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Thanks to:
-ALLAH SWT
-WIKIPEDIA
-GOOGLE IMAGE

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com