Sabtu, 21 Maret 2015

Jamur dan Manfaatnya / The Secret World

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi semuanya. Pada kali ini saya akan membahas tentang jamur, kalian tahu kan apa itu jamur??? Saya tau kak, jamur itu yag rasanya pahit dan membuatnya menggunakan rempah rempah!!! -_-. Itu Jamu!!! Yang saya bahas kali ini bukan jamu melainkan jamur. Nah, berikut ulasan tentang Jamur

Apa itu Jamur.

Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof . Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa . Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium . Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada juga dengan cara generatif. Jamur menyerap zat organik dari,lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen. Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein , vitamin , dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat , parasit fakultatif , atau saprofit .

Manfaat Jamur.

1. Sumber vitamin D
  Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari. Bahkan ketika mengonsumsi ekstrak jamur kancing maka Anda akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara meningkatkan produksi protein dan antivirus yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga mampu meningkatkan kesehatan sel dendritik yang ada di dalam sumsum tulang Anda untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

3. Sumber antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan seperti selenium bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.

4. Mengontrol berat badan
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba mengganti konsumsi daging dengan jamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jamur maka dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.

5. Melawan kanker
Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

5 Jamur paling beracun.

Nah, walau memiliki banyak manfaat, tapi tidak semua jamur memiliki manfaat, ada yang mengandung Racun yang bisa membunuh manusia. Berikut daftarnya.

1. Jamur Conocybe


Jamur Conocybe atau dikenal juga dengan nama Pholiotina filaris. Jamur ini tersebar di Amerika dan tumbuh di antara rerumputan. Warnanya cokelat dan bentuknya seperti jamur pada umumnya, Ada seperti ikat pinggang yang menghiasi batang jamur. Seringkali orang salah mengenalinya sebagai Psilocybe. Jamur conocybe adalah jamur yang berbahaya karena mengandung racun yang dapat membunuh seseorang apabila dimakan. Tak peduli dengan cara apakah ia diolah, racunnya sangat mematikan.

2. Jamur Topi


Bentuk jamur ini sangat mirip seperti topi, terkadang tumbuh tunggal atau berkelompok. Jamur ini sangat cantik bentuknya dan cukup padat. Ia biasa tumbuh di benua Eropa dan Asia. Orang salah mengenalnya dan mengira ia adalah jamur merang, padahal ia mengandung racun yang berbahaya. Sekalipun dibekukan, dikeringkan atau direbus, racun pada jamur ini tidak berkurang khasiatnya. Apabila salah petik dan memasak, maka akan banyak korban yang mati karena mengonsumsinya.

3. Jamur Galerina


Jamur dari keluarga saprobic ini bentuknya cantik. Punya ukuran dan bentuk seperti jamur pada umumnya, tetapi khasiat racunnya mengancam jiwa. Apabila mengonsumsi jamur ini, maka seketika racun bernama a-amanitin akan merusak liver, ginjal serta sistem syaraf pusat di otak. Alhasil, akan muncul kematian mendadak dan nyaris tak terduga penyebabnya.



4. Jamur Destroying Angel


Warnanya sangat putih, bersih dan mempesona, sampai disebut sebagai jamur malaikat. Namun setelah diketahui bahwa ia beracun, maka orang-orang kerap menyebutnya sebagai destroying angel. Ia tumbuh nyaris di seluruh dunia, dengan kandungan racun yang disebut amatoxins. Setelah mengonsumsi jamur ini, liver dan ginjal akan mengalami kerusakan dalam beberapa waktu yang singkat. Dan beberapa jam kemudian, orang tersebut akan meninggal.

5. Jamur Amanitas Muscaria


Amanita muscaria, yang sangat indah terlihat dan mencolok jamur, juga dikenal sebagai Fly Agaric, adalah kuning ke warna merah dan putih berbintik-bintik. Amanita muscaria mungkin manusia tertua entheogen. Ini adalah jamur hampir selalu ditemukan dalam cerita dongeng dengan topi merah besar dan berbintik-bintik penampilannya. Amanita muscaria adalah jamur ditemukan di seluruh belahan bumi utara. Telah ditemukan psikoaktif oleh lisan penelanan dan napas, meskipun telah terdaftar sebagai racun oleh FDA karena jamur Amanita keluarga bertanggung jawab untuk sekitar 90% dari semua kematian terkait jamur. Cap Kematian yang terkenal adalah penyebab terbesar.

Nah jadi hati hati guys, jangan sampai kamu salah memakan jamur ya, bisa bisa kamu ko.it dalam sekejap jika tak ditolong.

Olahan Jamur

Untuk nambah dikit nih guys ada satu olahan jamur yang telah saya searching di GOOGLE.

Jamur Kerispi

Alat dan Bahan:
1. Jamur Tiram 2 ons
2. Tepung terigu 2 sendok
3. Tepung Bumbu (Kentucky) pedas

Cara membuat:
1. Suwir Suwir Jamur tiramnya kemudaian cuci bersih sisihkan
2. ambil tepung terigu campur air sedikit saja aduk aduk sampai rata (asal mengental )
3. Celupkan jamur tiram ke dalam adonan terigu lalu gulingkan ke tepung bumbu kemudian goreng sampai garing.. angkat dan sajikan...

Tips Memasknya:
lebih baik menggorengnya setelah jamur digulingkan ke tepung ya guys, soalnya klo menunggu lama nanti berair dan hasil gorengnya tidak krispi

Nah, bagaimana guys resep olahan jamurnya, semoga kamu bisa memasak jamurnya -_- bisa dong kak! Kan saya jago nyanyi!!! -_- kagak nyambung ucil. Hehehe :D

Penutupan:
Jamur memang banyak manfaatnya, tapi selain bermanfaat banyak juga jamur yang beracun. Itu lah kehendak Allah, selain menciptakan kelebihan Allah juga menciptakan kekurangan, Semoga kita dapat bersyukur atas apa yang telah Allah berikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Thanks to:
Allah SWT, WIKIPEDIA INDONESIA

1 komentar:

  1. Jamur Dan Manfaatnya / The Secret World ~ The Secret World >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Jamur Dan Manfaatnya / The Secret World ~ The Secret World >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Jamur Dan Manfaatnya / The Secret World ~ The Secret World >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com