Jumat, 10 April 2015

Langit, dan Kenapa langit berwarna biru / The Secret World

Assalamualaikum Wr. Wb.


Melihat langit berwarna biru cerah itu, jujur bisa membuat hati saya menjadi senang. Pernah terlintas di pikiran saya, kenapa langit itu berwarna biru??? Kalian penasaran juga kan. Nah, berikut saya jabarkan untuk teman teman semua.

Apa itu Langit/SKY

Langit adalah bagian atas dari permukaan bumi, dan digolongkan sebagai lapisan tersendiri yang disebut atmosfer. Langit terdiri dari banyak gas dan udara, dengan komposisi berbeda di tiap lapisannya.

Mengapa Langit Biru 

Langit sering terlihat berwarna biru, disebabkan karena pemantulan cahaya, tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa langit bisa berwarna selain itu, misalnya merah ketika senja, atau hitam saat turun hujan.

Atmosfir bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu. Sinar matahari yang memasuki atmosfir tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi. Warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang seperti merah dan kuning, dapat melewati dan menembus molekul gas dan debu tadi. Tetapi warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfir. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru. Prinsip yang sama berlaku juga dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru.

Jadi, intinya gini gan langit berwarna biru karena adanya pantulan dari sinar matahari ke atmosfir bumi, dimana sinar biru dipantulkan lagi ke angkasa.

Fenomena langit Di Dunia

1. Fire Rainbow (Pelangi Api)


Femonena atmosfer yang dikenal dengan circumhorizon arc atau Fire Rainbow (pelangi api), akan muncul ketika matahari berada tinggi (lebih dari 58 derajat diatas horizon). Cahaya matahari menembus lurus dan menyinari awan cirrus, sehingga menghasilkan semacam lempengan kristal segi enam dan membentuk efek prisma. Sehingga terlihat pelangi yang berbentuk seperti api.

2. Double Sun (Matahari kembar)


Munculnya matahari kembar atau matahari baru menjadi perhatian para ilmuwan saat ini. ‘Matahari kembar’ ini tertangkap Teleskop Herschel dan disebut-sebut sebagai matahari baru, diperkirakan ukurannya akan lebih besar dibanding dengan matahari yang sekarang.

3. Fourth Sun (4 Matahari)


‘4 matahari di China’ telah membuat gempar setelah sebelumnya ada fenomena aneh lainnya seperti langit terbelah dan matahari kembar. Benarkah ‘4 matahari muncul bersamaan di daerah China’ ini adalah tanda-tanda alam akan terjadi sesuatu yang besar? Menurut LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) hal ini adalah biasa.

Kejadian ini biasanya disebut sundog, yaitu pembiasan cahaya matahari oleh kristal es. Biasanya cahaya matahari kembar ini lebih kecil dan berada di kanan dan kiri dari posisi matahari yang asli. Sundogs dibentuk oleh pelat-kristal es berbentuk heksagonal di awan cirrus tinggi yang dingin dan melayang dimana udara pada tingkat yang rendah saat itu. Jadi pembiasan ini lah yang menyebabkan cahaya ‘4 matahari di China’ tersebut.

4. Split Sky (Langit Terbelah)


Fenomena alam yang aneh ini ada yang mengkaitkan dengan peristiwa yang baru saja terjadi yaitu gempa Jogja. Tapi peristiwa ‘langit terbelah di Jogja’ ini terjadi pada 11 Juni 2010 lalu sempat membuat warga menjadi panik.

Ini menunjukkan kebesaran Allah SWT atau ada pertanda khusus, misalnya musibah yang akan terjadi. Cahaya terang berwarna biru menyerupai cahaya dari sebuah senter raksasa yang membelah langit jingga di atas kota Jogja.

Penutupan:
Mungkin segitu saja yang bisa admin sampaikan semoga kita lebih bersyukur lagi terhadap kebesaran tuhan yang maha esa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Thanks to: Allah SWT, wikipedia, dan google gambar.

1 komentar:

  1. Langit, Dan Kenapa Langit Berwarna Biru / The Secret World ~ The Secret World >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Langit, Dan Kenapa Langit Berwarna Biru / The Secret World ~ The Secret World >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Langit, Dan Kenapa Langit Berwarna Biru / The Secret World ~ The Secret World >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com